Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Dropdown List Pada Microsoft Excel

Cara Mudah Membuat Dropdown List Pada Microsoft Excel - Dalam pengolahan data seringkali kita membutuhkan sebuah bantuan fungsi dalam bentuk dropdown list atau combo box.


Dropdown list atau combobox ini dalam Microsoft Excel bsa dibuat dengan menggunakan bantuan fitur Data Validation.

Dengan bantuan dropdown list pengolahan data akan sangat mudah dilakukan karena kita tinggal klik apa yang akan diinput dalam cell Excel.

Jika dilihat lebih teliti dari pilihan dropdown list yang sangat sering muncul dalam pemilihan jenis kelamin. Dua pilihan yang dapat dipakai dalam list tersebtu adalah laki - laki dan perempuan.

Sebelum membahas tentang cara membuat dropdown list Excel atau combobox Excel ada baiknya pelajari terlebih dahulu tentang apa itu fitur Data Validation.

Dalam Data Validation banyak pilihan yang dapat digunakan untuk menentukan batasan terhadap isi sebuah cell atau range dalam Excel.

Salah satu dari fungsi tersebut adalah List yang bisa digunakan untuk membuat dropdown.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang dropdown list yang bisa dibuat dalam Microsoft Excel.

Penting untuk diperhatikan bahwa dalam Excel terdapat beberapa jenis dropdown list yang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan pengolahan data.


Jenis - Jenis Dropdown List Dalam Excel



Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa dalam Excel terdapat beberapa jenis dropdown list yang dapat dibuat dengan menggunakan fitur Data Validation.


cara membuat dropdown excel


Perbedaan dari dropdown list tersebut ada dalam isi dari listnya, ada yang bisa diubah dan ada juga yang tidak dapat diubah tanpa melakukan edit terhadap Data Validation.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.



1. Dropdown List Statis




Dropdown list jenis yang pertama ini merupakan yang paling mudah dalam pembuatannya.

Dropdown list statis ini merupakan dropdown list yang isi listnya tidak dapat diubah secara langsung tanpa mengedit ulang Data Validation.

Biasanya dropdown jenis ini digunakan untuk dropdown yang isi listnya tidak perlu diubah baik itu ditambah atau dikurangi, misalnya jenis kelamin, agama atau nama bulan.

Untuk cara membuatnya silahkan pelajari dalam artikel dibawah ini :


Baca : Cara Menggunakan Data Validation Untuk Membuat Menu Dropdown Pada Microsoft Excel


Dropdown ini sangat mudah dalam pembuatannya karena hanya memasukan nama untuk list tersebut kedalam Data Validation.



2. Dropdown List Dinamis



Dropdown jenis ini merupakan kebalikan dari dropdown statis. Dalam dropdown ini isi dari listnya selal berubah mengikuti update dari sheet yang dijadikan dasar untuk isi list tersebut.

Perbedaan yang paling mendasar adalah pada dropdown dinamis kia harus membuat sebuah isi list pada sheet Excel. Sheet ini bisa diupdate jika kita ingin menambahkan atau mengurangi isi dari dropdown list tersebut.

Kemudian pada range dalam sheet tersebut kita dapat mengubah isinya dan otomatis isi list dalam dropdown akan mengikuti isi dari range tersebut.

Misalnya kita akan membuat sebuah dropdown berdasarkan data NIK yang kita input pada sheet tertentu, maka jika kita menambahkan NIK tersebut otomatis NIK baru itu akan muncul dalam dropdown.

Untuk cara membuatnya silahkan pelajari dalam artikel dibawah ini :


Baca : Cara Membuat Dropdown List Dinamis Pada Microsoft Excel




3. Dropdown List Bertingkat Dengan Rumus IF




Dropdown yang ketiga ini merupakan dropdown yang pembuatannya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan dua dropdown sebelumnya.

Dropdown list bertingkat merupakan dropdown yang isi listnya tergantung kepada pilihan dropdown sebelumnya.

jadi, dalam dropdown bertingkat ini tidak hanya terdiri dari satu dropdown saja tetapi minimal ada dua dropdown yang saling berkaitan.

Misalnya, pertama kita harus memilih dropdown pilihan Departemen pada sebuah perusahaan. Setelah memilih Departemen maka selanjuntya kita akan memilih Nama Karyawan sesuai dengan nama Departemen pada dropdown list yang pertama.

Tentu saja Nama Karyawan yang muncul hanya yang sesuai dengan Departemen yang dipilih pada dropdown Departemen, selain itu tidak akan muncul pada list tersebut.

Untuk cara membuatnya silahkan baca pada artikel dibawah ini :


Baca : Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Dengan Rumus IF Pada Microsoft Excel




4. Dropdown List Bertingkat Dengan Rumus INDIRECT




Pada dasarnya dropdown list yang keempat ini sama dengan dropdown list yang ketiga.

Hanya saja dalam dropdown yang keempat ini tidak menggunakan fungsi IF tetapi menggunakan fungsi INDIRECT.

Hasil dari kedua fungsi ini sebenarnya akan sama hanya saja kita dapat memilih metode mana yang lebih mudah digunakan dalam pembuatan dropdown ini.

Itulah empat jenis dropdown yang dapat dibuat dengan fitur Data Validation dalam Microsoft Excel.

Untuk pembuatannya silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan pada saat pengolahan data.

Saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
   

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Dropdown List Pada Microsoft Excel"